Friday, December 23, 2016

ROGUE ONE: A STAR WARS STORY (2016)

Kangen dengan Darth Vader beserta Stormtrooper di film Star Wars? Tenang, mereka semua akan muncul di film terbaru yang merupakan spin-off dari Star Wars berjudul Rogue One: A Star Wars Story. Film berdurasi 135 menit ini disutradari oleh Gareth Edwards, pria berumur 41 tahun yang pernah menyutradarai film Godzilla pada tahun 2014 lalu.

Melalui film ini, Gareth mengajak penonton berpetualang bersama Jyn Erso (Felicity Jones) dan rekannya Cassian Andor (Diego Luna) serta sebuah robot musuh yang sudah diprogram ulang, K-2SO (Alan Tudyk). Selanjutnya akan muncul karakter unik yang cukup mencuri perhatian seperti si buta Chirrut Îmwe (Donnie Yen) dan penjaganya Baze Malbus (Wen Jiang). Berbagai aksi kocak dan heroik kerap muncul dari kelima karakter ini.


Unsur drama dalam film ini boleh dibilang cukup kental karena konfliknya dibangun dari hancurnya keluarga Jyn Erso karena sang ayah Galen Erso (Mads Mikkelsen) dipaksa untuk mengerjakan sebuah proyek rahasia yang dipimpin oleh Orson Krennic (Ben Mendelsohn). Hal ini membuat keduanya terpisah selama belasan tahun. Selain itu, kehadiran Cassian Andor yang menemani Jyn membuat hubungan keduanya semakin dekat secara emosi. Uniknya, ada bagian dari film ini yang mengingatkan saya pada salah satu adegan di film Pompei.

Hal-hal unik lain yang muncul di film ini yaitu kendaraan tempur darat yang tampilannya seperti binatang. Entah apa maksudnya, yang jelas kendaraan tersebut agak aneh menurut saya. Kendaraan tersebut terlihat seperti adegan di film Jurassic Park saat dinosaurus mengejar pengunjung.


Meski demikian, alur cerita di film ini bisa dinikmati dengan baik. Hanya saja ending cerita dibuat sangat tanggung. Penonton akan menerka-nerka sambungan kisahnya di bagian mana di film Star Wars episode III-IV. Skor untuk film ini 8/10.

No comments: