Tuesday, October 13, 2015

THE MARTIAN (2015)

Tak bosan-bosannya industri perfilman Hollywood memproduksi film-film bertema jelajah luar angkasa. Kali ini Matt Damon didaulat menjadi tokoh utama dalam film The Martian. Film adaptasi novel ini digarap oleh sutradara kawakan, Sir Ridley Scott. Dengan durasi yang sangat panjang yaitu 141 menit, Scott mencoba untuk meraih simpati penontonnya lewat penderitaan yang dialami oleh Mark Watney (Matt Damon) yang tinggal seorang diri di planet Mars.

Dari sisi cerita, sebenarnya tidak ada yang istimewa dari film ini. Tetapi yang menjadi nilai plus adalah bagaimana sutradara mengolah cerita yang mampu menguras emosi penonton. Mark Watney yang awalnya bersemangat, lambat laun mulai merindukan kehidupan sosialnya. Kesepian yang menyebabkan Mark frustasi disajikan dengan sangat baik oleh Matt Damon.


Sedangkan untuk pemandangan luar angkasa, tidak terlalu banyak disajikan dalam film ini. Sebagian besar scene dihabiskan untuk memvisualisasikan keadaan planet Mars yang gersang dan cenderung mirip gurun pasir. Selain itu juga kantor pusat NASA yang sedang mengusahakan misi penyelamatan terhadap Mark.


Saat peluncuran roketpun kurang digarap dengan baik karena hanya menampilkan layar yang sedang menyiarkan proses peluncuran roket. Tidak ada gambar yang diambil dari jarak dekat untuk memanjakan mata penonton.

Catatan minus lain di film ini yaitu saat menampilkan tubuh Mark yang menjadi sangat kurus karena pasokan makanan yang menipis. Dari beberapa angle yang disajikan, terlihat bahwa itu bukanlah tubuh Matt Damon karena tidak ditampilkan secara utuh.

Tetapi secara keseluruhan film ini cukup menghibur dan layak mendapatkan skor 7.9/10.

No comments: