Friday, October 9, 2015

PAPER TOWNS (2015)

Paper Towns merupakan film bergenre drama, misteri, dan romans sebagaimana dimuat dalam situs IMDb. Namun setelah menyaksikan film berdurasi 109 menit ini, rasanya kurang pas jika film ini dilabeli misteri. Meskipun Margo (Cara Delevingne) menghilang dengan cara yang misterius dan meninggalkan beberapa petunjuk bagi Quentin (Nat Wolff), hal ini lebih terlihat sebagai permainan hide and seek.

Paper Towns sendiri berkisah tentang Quentin yang berusaha menemukan lokasi keberadaan Margo yang tiba-tiba menghilang. Bermodal beberapa catatan yang ditinggalkan Margo, Quentin yang didampingi beberapa sahabatnya melakukan sebuah perjalanan ke negara bagian New York.


Jake Schreier selaku sutradara menggarap film ini dengan cukup apik. Meskipun film ini terkesan datar, tetapi banyak nilai yang diselipkan dalam film ini. Beberapa di antaranya yaitu bagaimana seseorang harus berani keluar dari zona nyamannya untuk dapat menemukan jati dirinya. Selain itu, nilai persahabatan juga disajikan dengan begitu baik dari awal hingga akhir.

Dua kondisi persahabatan yang saling bertolak belakang dikemas menjadi konflik cerita. Margo yang dikhianati sahabatnya, dan Quentin yang justru sangat kompak melakukan berbagai hal bersama sahabatnya. Bahkan hingga kelulusan tiba, ketiga sahabat ini masih menyempatkan diri untuk mengadakan 'pesta perpisahan' sederhana.


Sementara itu, unsur romans di film ini tidak semenarik unsur persahabatannya. Entah karena sedikitnya porsi yang didapat Margo atau karena sang sutradara tidak berhasil menyajikan konflik batin yang memyentuh hati penontonnya.


Untuk karakter yang ada di film sendiri digarap cukup baik. Penonton dapat dengan mudah mengingat karakter Margo yang frontal, Quentin yang pasif, Ben yang gokil, serta Radar yang serius dan mudah panik.

Dan film ini ditutup dengan kisah yang jauh dari dugaan. Que dan Margo tidak menjadi sepasang kekasih. Skor untuk film ini 7.9/10. 

No comments: