Friday, September 11, 2015

MAZE RUNNER: THE SCORCH TRIALS (2015)

Sekuel film The Maze Runner tayang di Indonesia sepekan lebih awal dari jadwal rilis internasional. Ya, Jumat, 11 September 2015 jadi hari yang ditunggu-tunggu oleh penggemar novel dan juga film adaptasinya. Sekuelnya sendiri menggunakan judul yang sama dengan novelnya, Maze Runner: The Scorch Trials.

Dalam film keduanya ini, Thomas (Dylan O'Brien) bersama beberapa orang Gladers yang berhasil selamat dari labirin dievakuasi ke tempat bernama The Scorch. Alih-alih mendapatkan kehidupan yang nyaman, kehidupan mereka justru semakin terancam di sana. Thomas dan yang lainnya berhasil melarikan diri dari kejaran WCKD.


Film berdurasi 131 menit ini terasa begitu singkat. Semakin banyak teka-teki yang belum terungkap membuat penonton semakin penasaran bagaimana film ketiganya nanti. Untuk scene pembukanya sendiri membuka sedikit identitas Thomas yang tidak dijelaskan di film pertamanya. Tetapi itu tidaklah menjawab semua teka-teki dalam film.

Dari sisi cerita, film keduanya ini lebih kompleks. Di film pertama, kehidupan para Gladers hanya berkutat pada bagaimana meloloskan diri dari labirin. Sedangkan dalam film kedua ini lebih banyak hal baru yang disugukan seperti kehidupan manusia yang terancam karena serangan virus 'zombie'. Belum lagi pengkhianatan dari orang terdekat Thomas di film ini semakin membuat penonton gemas.

Kehadiran beberapa karakter baru dalam film kedua ini juga menjadi angin segar. Karakter-karakter baru yang dimunculkan punya peran besar dalam membantu Thomas mengungkap misteri yang disembunyikan WCKD. Sebut saja Aris dan Brenda, dua karakter baru di The Scorch Trials ini cukup mencuri perhatian penonton.


Catatan minus di film ini yaitu kematian seorang dokter yang menurut saya merupakan juru kunci. Kalau karakter ini hidup, perjuangan Thomas akan lebih jelas dan terarah. Semoga saja film ketiganya nanti bisa menjawab semua misteri yang ada dalam trilogi Maze Runner.


Secara keseluruhan, film ini layak ditonton dan cukup menghibur. Skor untuk film ini 7.8/ 10.

No comments: