Wednesday, February 10, 2016

DEADPOOL (2016)

Marvel dan DC Comic setiap tahun selalu mengeluarkan film-film bertema superhero yang diangkat dari komik mereka. Dan di awal tahun 2016, Marvel melalui 20th Century Fox telah menggebrak layar bioskop dengan film terbarunya berjudul Deadpool.

Sebagai film pembuka, nama besar Marvel dipertaruhkan di sini. Apalagi jika dilihat dari trailer film ini yang ditonton lebih dari 4 juta orang. Tentu banyak yang penasaran dengan aksi ‘gila’ Wade Wilson (Ryan Reynolds) dalam film besutan sutradara Tim Miller ini.


Film ini berkisah tentang seorang ‘tentara bayaran’ yang mengidap kanker. Di tengah keputusasaannya itu, Wilson bertemu dengan seorang perekrut yang menjanjikannya kesembuhan. Awalnya Wilson menolak, namun ia berubah pikiran dan mengambil tawaran perekrut tersebut. Dari sinilah ia mendapatkan kekuatannya yang sekaligus menimbulkan dendam terhadap mutan yang membuatnya menderita selama proses 'pengobatan' berlangsung.

Penyampaian cerita film ini terbilang sangat cerdas. Dengan menggunakan alur maju-mundur (flashback) yang dibuat secara acak namun saling terkait satu sama lain, memudahkan penonton untuk dapat menarik benang merah cerita. Penonton tidak diberikan kesempatan untuk berpikir kenapa bisa begitu?

Untuk isi cerita sendiri, boleh dibilang ini adalah film bertema superhero paling gokil yang pernah ada hingga saat ini. Berbagai lawakan kasar siap mengocok perut penonton. Tak heran pula jika film ini menjadi film pertama dari serial X-Men yang dilabeli Rated karena kata-kata umpatan bertebaran dari awal hingga akhir cerita. Selain unsur komedi yang sangat menghibur, film ini tidak kehilangan fokus utamanya sebagai film aksi. Berbagai adegan perkelahian tanpa senjata dapat disaksikan di film ini. Sebagai pelengkap, unsur drama juga dimasukkan sebagai ‘bumbu’ yang memperkaya cerita.

Film ini juga membawa penonton pada adegan-adegan yang tidak kalah mengerikan jika dibandingkan dengan film Final Destination 5. Selain itu, secara jelas terdapat pula adegan yang terinspirasi dari film 127 Hours, film yang bercerita tentang seorang pendaki gunung yang memotong tangannya yang terjepit bebatuan.


Setelah memaparkan kelebihan dari film Deadpool, kini saatnya saya membahas sedikit kekurangan pada film ini. Boleh dibilang ini adalah kesalahan dalam film yang entah disadari atau tidak oleh sutradara.

Dalam suatu adegan, Deadpool  menggunakan kedua pedangnya untuk melukai musuh. Awalnya saya berpikir, pasti akan ada kejanggalan setelah ini. Dan benar saja, pedang tersebut tiba-tiba sudah ada lagi di sarungnya yang terletak di bagian belakang Deadpool. Namun beberapa detik kemudian hilang lagi. Kejadian sepele yang hanya disadari oleh penonton yang memperhatikan setiap adegan secara detail.


Namun hal itu tidak memberi pengaruh jalannya cerita. Dan menurut saya, ini adalah film superhero paling menghibur hingga saat ini. Untuk skor, film ini layak mendapatkan angka 9/10.

Happy watching!

No comments: