Saturday, November 28, 2015

THE HUNGER GAMES: MOCKINGJAY PART 2 (2015)

Petualangan Katniss Everdeen sebagai seorang Mockingjay akhirnya menemui titik akhir di film THG: Mockingjay Part 2 yang tayang perdana pada 20 November lalu. Film terakhir dari seri The Hunger Games ini lebih baik dibanding dengan bagian pertamanya. Di dalam film ini, adegan-adegan khas THG di seri terdahulunya cukup banyak bermunculan. Hal ini tentu menjadi alasan mengapa film terakhir ini layak ditonton oleh pecinta novelnya.

Film berdurasi 137 menit ini memiliki tempo agak lambat. Salah satu penyebabnya karena film ini dibuat menjadi dua bagian untuk kepentingan bisnis, meraup untung lebih besar. Sehingga terdapat beberapa scene yang dipaksakan dalam film ini.


Dalam film ini, Katniss bersama-sama pasukan gabungan dari setiap distrik bergerak untuk menyerang Capitol. Katniss begitu bersemangat untuk menghabisi nyawa Snow, sang Presiden. Sayangnya ia harus kehilangan sahabatnya satu persatu karena banyak terdapat ranjau di setiap jalan yang dilaluinya.

Untuk akting Jennifer Lawrence sudah tidak perlu diragukan lagi. Karakter Mockingjay yang memiliki pengaruh besar berhasil dihidupkan dengan baik olehnya. Karakter lain yang cukup mencuri perhatian di film ini adalah Peeta Mellark (Josh Hutcherson). Peeta yang dicuci otaknya membuat penonton gemas. Di sinilah sutradara menghidupkan unsur drama dalam film ini.


Dan seperti yang saya sebutkan sebelumnya, dalam film ini sudah banyak aksi-aksi yang memompa adrenalin penonton meski belum bisa disetarakan dengan seri Catching Fire. Tensinya masih lompat-lompat dalam film ini yang terkadang membuat penonton kehilangan momentum.

Memasuki bagian akhir, film ini seolah berubah menjadi film drama seutuhnya. Berbagai kejadian mencekam yang dialami Katniss selama mengikuti games mematikan seolah sirna dalam 5 menit. Meski demikian, ending film ini tidaklah melenceng dari rangkaian kisah yang sudah ada di dalam film-film sebelumnya.


Overall, film ini layak ditonton karena cukup menghibur. Dan untuk skor akhir film ini adalah 7,8/10.

No comments: