Wednesday, February 11, 2015

THE BOY NEXT DOOR (2015)

Jennifer Lopez kembali meramaikan dunia perfilman tanah air. Dalam film The Boy Next Door, ia berperan sebagai Claire Peterson, seorang guru sastra di sebuah sekolah menengah.

Film yang bergenre thriller ini berkisah seputar kehidupan keluarga Claire yang berantakan karena sang suami, Garrett Peterson (John Corbett), berselingkuh dengan sekretarisnya. Claire yang tinggal bersama anak lelakinya, Kevin Peterson (Ian Nelson), mendadak kedatangan tamu seorang pemuda yang membantunya memperbaiki rolling-door garasi mereka. Pemuda tersebut adalah Noah Sandborn (Ryan Guzman), keponakan tetangga Claire yang baru saja pindah ke rumah sebelah karena orangtuanya meninggal dalam kecelakaan mobil. Kedekatan mereka berlanjut. Noah menjalin hubungan baik dengn Kevin. Mereka banyak menghabiskan waktu berdua dalam memperbaiki mobil ataupun barang lain.


Suatu hari, Kevin pergi berkemah bersama ayahnya selama beberapa hari. Momen kesendirian Claire dimanfaatkan oleh Noah. Ia mencoba mendekatinya, merayu, hingga suatu malam Noah berhasil mengajak Claire berhubungan seks.


Malam yang disesali oleh Claire tersebut menjadi awal petaka baginya. Belakangan Noah menunjukkan sikap posesif yang sangat berlebihan dan menjadi sangat terobsesi. Ia terus meneror Claire dengan berbagai cara. Mulai dari ancaman berupa tulisan di toilet, "I fucked Claire Peterson", hingga disebarnya foto saat mereka berhubungan seks di kelas. Beruntung Claire berhasil membuang foto-foto tersebut sebelum murid-muridnya masuk.




Transformasi romatisme menjadi teror

Scene pertengahan perlahan bergerak dari drama keluarga menjadi potongan-potongan ketegangan. Rob Cohen selaku sutradara berhasil menyajikan film yang menghentak jantung penontonnya.


Cerita bergerak maju dengan sedikit flashback yang mengungkap fakta bahwa Noah adalah seorang psikopat. Penolakan Claire dan kecemburuan Noah terhadap Garrett membuatnya semakin tidak terkendali. Dan dari file-file yang ditemukan Claire di laptopnya, diketahui bahwa ia adalah dalang di balik kematian orangtuanya.

Di penghujung film, cerita mencapai klimaksnya dimana Noah membunuh kepala sekolah, Vicky Lansing (Kristin Chenoweth), dan membawa Claire ke gudang tempat ia menyekap suami dan anaknya. Dan di dalam gudang ini terjadi beberapa adegan yang membuat penonton bergidik, mulai dari baku tembak hingga penusukan mata Noah dengan suntikan.

Secara keseluruhan, film ini sangat memuaskan karena banyak menghadirkan kecemasan penonton. Skor 4/5.

No comments: