Monday, January 5, 2015

GONE GIRL (2014)

Gone Girl adalah film drama-thriller-mystery arahan sutradara David Fincher yang merupakan film adaptasi dari novel karya Gillian Flynn. Film ini batal tayang di Indonesia karena sang sutradara tidak ingin filmnya dipotong oleh lembaga sensor film Indonesia.

Di sisi lain, lembaga sensor film Indonesia harus menjalankan regulasi yang berlaku di Indonesia. Mengingat banyak adegan sex vulgar dan dialog-dialog yang kasar dalam film ini, maka pemotongan sebagian kecil scene sebenarnya masih dapat di maklumi.


Film ini sendiri bercerita tentang sepasang suami istri, Nick Dunne (Ben Affleck) dan Amy Elliott-Dunne (Rosamund Pike), di mana Amy menghilang secara misterius pada saat hari jadi pernikahan mereka yang kelima. Nick yang melaporkan kejadian tersebut justru berbalik dicurigai sebagai dalang dibalik hilangnya sang istri.

Penyelidikan yang dilakukan oleh detektif Rhonda Boney (Kim Dickens) menemukan beberapa petunjuk yang menguatkan kecurigaan detektif terhadap Nick. Hal tersebut diperparah dengan sikap Nick yang beberapa kali kedapatan bermesraan dengan wanita lain saat pencarian istrinya dilakukan. Selain itu, selingkuhan Nick juga muncul di televisi. Nick semakin tersudut dan berujung pada penangkapan oleh pihak kepolisian.



Film misteri yang penuh kepingan puzzle

Film Gone Girl menggunakan alur maju-mundur dengan beberapa flashback. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta film thriller-mystery. Penonton akan tenggelam dalam konflik yang ada dalam film.

Amy yang merencakan skenario gila untuk menjebloskan suaminya ke penjara terlihat sangat serius dan profesional menjalankan rencananya. Ia berubah drastis, bukan lagi Amy yang riang dan romantis. Ia menjelma menjadi psikopat ulung.


Rencana-rencana tersebut telah disusun sedemikian rupa dengan sangat sistematis. Ia terus memantau setiap perkembangan melalui televisi. Ia pun menyamar menjadi orang lain selama menghilang dari publik.

Saat rencananya hampir gagal, Amy memanfaatkan Desi Collings (Neil Patrick Harris) yang merupakan mantan pacarnya. Ia tinggal bersama Desi di sebuah rumah di daerah terpencil yang dilengkapi kamera CCTV di setiap sudut. Kamera-kamera tersebut dimanfaatkannya untuk membuat rencana baru agar bisa kembali kepada Nick.


Secara keseluruhan, film ini sangat menarik. Berhasil menghadirkan ketegangan di beberapa bagian. Selain itu, akting naked super gila Ben Affleck juga menjadi perbincangan di beberapa media Hollywood. Ini menjadi daya tarik tersendiri bagi penggemar Affleck. Skor 8/10.


No comments: