Thursday, June 11, 2015

Jurassic World (2015)

Jurassic World merupakan film ke-4 dari serial Jurassic Park karya Steven Spielberg. Meskipun begitu, kisah yang diangkat terbilang baru. Tema yang diangkat dalam film ini justru dititikberatkan pada kehidupan pribadi tokoh utama dengan setting tempat Taman Jurassic yang dikelolanya.

Tokoh utama tersebut adalah Claire (Bryce Dallas Howard) yang merupakan manajer operasional Taman Jurassic. Claire digambarkan sebagai wanita yang gila kerja. Ia tidak sempat memikirkan kehidupan pribadinya. Bahkan saat 2 keponakannya, Zach (Nick Robinson) dan Gray (Ty Simpkins), mengunjunginya di Taman Jurassic, Claire tidak sempat menemani mereka berkeliling.

Claire sempat menjalin hubungan dengan Owen (Chris Pratt), seorang pawang Raptor, namun hubungan merekapun tidak berjalan mulus. Karakter Claire yang idealis tidak bisa menerima Owen yang santai.


Drama tersebut kemudian 'dibumbui' oleh sutradara, Colin Trevorrow, dengan menghadirkan satu dinosaurus hybrid yang mengacaukan sistem keamanan Taman Jurassic. Lantas bagaimana dampaknya terhadap kehidupan Claire?

Film berdurasi 124 menit ini boleh dibilang bergenre perpaduan antara romans dan fiksi ilmiah. Romans didapat dari kisah percintaan Claire dan Owen, sedangkan fiksi ilmiah tentu saja dari rekayasa genetika dinosaurus yang dikembangkan di laboratorium Taman Jurassic.

Untuk visualisasi dinosaurus sendiri cukup baik kecuali untuk dinosaurus air yang disajikan dalam film sebagai makhluk mirip buaya. Efek pergerakan yang disajikan kurang luwes.


Dalam cerita sendiri banyak terselip pesan moral seperti perlakukanlah binatang dengan baik karena binatang tersebut juga memiliki perasaan dan kecintaan terhadap pekerjaan itu tidak boleh membuat seseorang melupakan sisi humannya seperti berkeluarga serta meluangkan waktu bersama orang terkasih.

Secara keseluruhan, skor untuk film ini tidaklah mengecewakan, 8/10.

2 comments:

Fit Anan said...

Terimakasih resensinya:) salam knal

Unknown said...

Terima kasih juga sudah mampir dan komen. Salam kenal kembali:)